argia

Bisnis Sampingan Modal Kecil Yang Memiliki Prospek Sangat Bagus

Bisnis sampingan dengan modal kecil, apakah bisa memberikan keuntungan yang besar? Sebenarnya, apapun jenis bisnis yang Anda pilih, besar ataupun kecil bisnis tersebut, asalkan Anda bisa menjalankannya dengan baik, hasilnya pasti menguntungkan. Jika Anda memiliki modal yang sangat minim, Anda bisa memulai bisnis sampingan yang tidak membutuhkan begitu banyak modal. Saat ini ada ribuan bisnis yang bisa Anda coba dengan modal yang sangat minim.

Apa itu bisnis sampingan

Bisnis sampingan adalah bisnis yang bisa dijalankan bersamaan dengan bisnis utama. Misalnya saja, Anda adalah seorang guru tetap atau PNS dan Anda juga bekerja sebagai freelance, maka bisnis sampingan Anda adalah sebagai seorang freelance. Saat ini ada cukup banyak bisnis modal kecil yang bisa Anda pilih, bahkan bisa memberikan keuntungan yang jauh lebih banyak dibandingkan gaji bulanan Anda. Bisnis sampingan adalah solusi bagi siapa saja yang ingin mendapatkan penghasilan lebih. 

Dulu, masyarakat kurang familiar dengan internet dan kini mereka justru memilih bisnis dengan memanfaatkan internet, demikian juga bisnis sampingan. Bisnis sampingan bisa diartikan juga sebagai bisnis yang sangat fleksibel karena bisa dilakukan kapan saja dan tidak menggangu pekerjaan utama Anda. Sekalipun namanya bisnis dengan modal kecil,  namun keuntungan yang Anda dapatkan bisa berlipat ganda.

Siapa yang cocok bisnis sampingan


Bisnis sampingan modal kecil bisa dijalankan oleh siapa saja baik pria maupun wanita, seperti beberapa penjelasan dibawah ini.
1.      Cocok untuk ibu rumah tangga
Bisnis sampingan sangat cocok untuk ibu rumah tangga, selain menggunakan modal yang kecil, bisnis ini juga tidak menggangu aktivitas ibu rumah tangga. Anda tetap bisa menjalankan aktivitas sebagai ibu, menjaga anak-anak dan mengurus rumah tangga.
2.      Pekerja kantoran
Untuk menambah penghasilan, Anda bisa memilih berbagai bisnis sampingan yang marak saat ini. Bisnis ini bisa memberikan penghasilan lebih tanpa menggangu aktivitas Anda di kantor.
3.      Pelajar
Karena bisnis sampingan hanya menggunakan modal kecil, maka bisnis ini sangat cocok untuk pelajar. Bisnis ini tidak menggangu proses belajar asalkan Anda bisa membagi waktu
4.      Pensiunan
Berbagai pilihan bisnis sampingan bisa membantu pensiunan mendapatkan penghasilan sekalipun mereka sudah tidak bekerja lagi. Mereka bisa memilih bisnis yang bisa mereka jalankan dan hal ini menjadi hiburan sekaligus kegiatan yang sangat menguntungkan.

Keuntungan bisnis sampingan


1.      Tidak membutuhkan pendidikan tinggi
Jika Anda ingin menjalankan bisnis sampingan, maka Anda tidak harus memiliki pendidikan tinggi. Ada cukup banyak pelaku bisnis yang menjalankan bisnis hanya bermodal ijazah SD, SMP atau hanya SMU saja namun mereka tetap bisa sukses menjalankan bisnis tersebut.
2.      Minim modal
Memilih bisnis sampingan bisa meminimalkan modal untuk memulainya. Anda bisa menjalankan bisnis ini dengan modal yang sangat terbatas. Bisnis modal kecil ini sangat cocok bagi Anda yang tidak memiliki dana lebih untuk memulai bisnis.
3.      Tidak menggangu pekerjaan utama
Tidak perlu khawatir jika Anda tetap ingin menjalankan pekerjaan utaa karena bisnis sampingan bisa diatur sesuai keinginan Anda. Dengan begitu, Anda bisa bekerja dengan nyaman dan menjalankan bisnis lainnya tanpa menggangu pekerjaan utama di kantor.
4.      Keuntungan tak terbatas
Dengan modal yang kecil, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang tak terbatas jika Anda bisa menjalankan bisnis tersebut dengan tepat. Anda bisa menjadi bos, mengatur berapa besar penghasilan Anda dan tentunya Anda bisa memaksimalkan income sesuai keinginan.

Jenis bisnis sampingan yang memiliki prospek bagus

1. Web Design
Website adalah salah satu bagian yang sangat penting dalam bisnis, terutama bagi pelaku bisnis. Namun, tidak semua orang bisa mendesain website yang professional dan sesuai kebutuhan mereka. Karena itu, sangat besar peluang bisa Anda untuk memulai bisnis sampingan modal kecil ini. Menjadi web design tidak membutuhkan modal yang besar,  Anda bisa menjalankan bisnis ini tanpa harus memiliki kantor khusus.

Yang Anda butuhkan untuk memulai bisnis web design adalah komputer atau laptop, modem dan beberapa buku panduan. Jika Anda memiliki latar belakang pendidikan desain web maka Anda  bisa langsung menjalankan bisnis ini. Tapi, jika Anda belum mahir, Anda harus belajar tentang bagaimana cara mendesain website yang baik pada beberapa buku panduan atau mencari sumber di internet.

2. Penulis artikel
Menjadi penulis artikel adalah salah satu bisnis modal kecil karena yang Anda butuhkan hanya laptop, modem dan koneksi internet. Saat ini, hampir semua orang memiliki komputer atau laptop, sehingga mereka bisa memulai bisnis online dengan mudah. Untuk menulis artikel yang berkualitas, hal ini memang membutuhkan latihan. Jika setiap hari Anda selalu menuangkan ide-ide pada blog atau website pribadi Anda, maka Anda bisa menjalankan bisnis penulisan artikel ini dengan mudah.

Banyak perusahaan, blogger atau pelaku bisnis online yang membutuhkan seorang penulis handal dan mengerti kebutuhan mereka. Jika Anda mahir dalam penulisan berbagai topik artikel dengan kata kunci yang diinginkan klien, maka Anda bisa lebih mudah mendapatkan uang. Ada cukup banyak ebook dan sumber di internet yang bisa Anda pelajari untuk memulai bisnis ini.

3. Dropshipper
Menjadi dropshipper adalah salah satu bisnis sampingan yang minim modal. Usaha ini hanya membutuhkan keseriusan Anda dalam menjual produk atau jasa. Anda membutuhkan alat berupa laptop atau komputer, modem, ponsel dan koneksi internet. Banyak perusahaan yang membutuhkan dropshipper untuk membantu memasarkan produk atau jasa mereka. Jadi, ini adalah kesempatan yang sangat baik untuk Anda memilih peluang usaha ini. Untuk menjadi dropshipper, Anda tidak perlu memiliki produk yang dijual oleh produsen atau supplier Anda. Anda hanya memajang gambar produk atau jasa yang dijual, kemudian jika ada pembeli, Anda memesankan produk tersebut pada supplier. Anda bisa mengatur harga jual sesuai keinginan untuk mendapatkan keuntungan.

4. Reseller
Reseller hampir sama dengan dropshipper, namun jika dropshipper tidak membutuhkan stock produk sedangkan reseller harus memiliki stock produk untuk dijual kembali. Banyak supplier atau produsen yang memberikan penawaran program reseller dengan modal yang bisa Anda sesuaikan. Untuk menjadi reseller, Anda harus pandai dalam mempromosikan produk. Anda bisa menjual produk dengan harga lebih tinggi agar keuntungan yang Anda dapatkan semakin maksimal.

5. Pengajar online
Menjadi pengajar online, silahkan memilih beberapa situs belajar online yang ada di Indonesia dan luar negeri. Anda bisa bergabung menjadi pengajar online sesuai kemampuan Anda. Jika Anda ingin bekerja sendiri tanpa menggunakan situs lain, maka Anda harus menyiapkan website atau blog yang digunakan untuk mempromosikan jasa Anda. Menjadi pengajar online adalah salah satu peluang usaha dengan modal kecil. Yang Anda butuhkan hanyalah bagaimana Anda mengajar sesuai dengan keahlian Anda tersebut. 

6. Jasa Backlink
Jasa backlink? Backlink merupakan salah satu optimasi offpage yang bisa meningkatkan traffic situs tertentu. Jadi, jika Anda memiliki situs dan Anda memiliki cukup banyak backlink, hal ini bisa meningkatkan jumlah pengunjung pada situs Anda. Ada cukup banyak pihak yang membutuhkan jasa backlink dan jika Anda memiliki keahlian dalam hal ini, silahkan mengambil peluang bisnis dengan modal yang sangat kecil ini. Jika Anda menyediakan jasa backlink berkualitas atau white hat, maka saya yakin ada banyak klien yang Anda miliki.

7. Jasa sosial media like
Semakin banyak like pada Facebook, Twitter atau sosial media, maka semakin baik bagi perkembangan bisnis mereka. Anda bisa memanfaatkan keahlian Anda untuk membuka jasa sosial media like. Ada cukup banyak pelaku bisnis yang membutuhkan bisnis satu ini. Semakin pandai Anda berpromosi, memiliki service yang sangat baik maka semakin banyak konsumen yang Anda miliki.

Bisnis dengan modal yang sangat minim bisa menjadi pilihan bagi Anda yang tidak ingin menanggung risiko terlalu besar dalam berbisnis. Karena itu, Anda bisa memilih bisnis yang lebih nyaman, mudah dan murah seperti beberapa bisnis di atas. Bisnis sampingan menjadi pilihan terbaik untuk mendapatkan penghasilan lebih selain gaji utama Anda di kantor.