Email marketing
adalah salah satu cara yang bisa meningkatkan penjualan produk atau ajsa. Tapi,
memanfaatkan email untuk mempromosikan produk harus memperhatikan banyak hal.
Jangan sampai Anda dianggap spammer oleh memilik alamat email yang Anda tuju.
Saat ini, hampir semua orang mengenal email dan mereka lebih suka menggunakan
media ini untuk mengirim pesan, dokumen atau apa saja yang memudahkan pekerjaan
mereka.
gambar diambil dari http://www.hamptonbaystyle.com
Jika Anda ingin
meningkatkan penjualan, maka dibawah ini adalah 7 cara memanfaatkan email
marketing yang tepat.
1. Headline menarik
Hampir semua orang
sangat menyukai headline yang sangat menarik, demikian juga ketika Anda
mengirimkan email marketing pada orang lain. Semakin menarik headline
yang Anda buat maka semakin banyak orang yang membuka email Anda.
2. Tentukan waktu yang
tepat
Mengirim email
marketing harus menentukan waktu yang tepat agar email Anda dibaca oleh mereka.
Saat jam-jam kerja, sebaiknya Anda tidak mengirimkan email pada orang lain
karena besar kemungkinan email Anda tidak dibaca dengan cepat. Waktu yang tepat
untuk mengirimkan email marketing adalah setelah pukul 7 malam hingga tengah
malam. Besar kemungkinan pada jam-jam tersebut email Anda mendapatkan respon
yang sangat baik dari mereka.
3. Pilih kontak aktif
Pastikan Anda memilih
kontak email yang masih aktif, hal ini bisa mempercepat promosi Anda. Jika Anda
mengirimkan email marketing pada email yang tidak aktif, hal ini
akan sia-sia saja. Semakin banyak email aktif yang Anda miliki maka semakin
mudah Anda mempromosikan produk karena kemungkinan besar email Anda akan dibuka
oleh mereka.
4. Seolah-olah Anda
berbicara dengan mereka
Membuat email marketing
yang menarik dan membuat mereka sangat antusias untuk membukanya adalah dengan
membuat email Anda seolah-olah hanya untuk mereka. Anda bisa membuat customize
email sehingga pembaca email merasa Anda menulis email hanya utuk dia saja.
5. Hindari membuat
email spam
Orang yang menerima
email spam pasti sangat malas untuk membuka email tersebut. Maka, buatlah email
marketing Anda bukan email spam. Jangan mengirim email yang sama lebih
dari 1 kali kepada orang yang sama. Cukup mengirimkan email 1 kali pada 1 email
tujuan, hal ini tidak membuat Anda dianggap mengirim email spam.
6. Jangan memaksa
Hindari kata wajib atau
harus dalam menjual produk, atau Anda mengatakan pada mereka bahwa mereka wajib
membeli produk Anda, kalau tidak....., kata-kata tersebut adalah sangat
memaksa, dan saya pasti juga akan malas untuk membaca email dengan isi seperti
itu. Saya lebih suka membaca email marketing yang menjadi solusi dari
permasalahan saya, tapi saya tidak merasa terpaksa jika harus memilih produk
yang dipasarkan oleh pengirim email tersebut. Saya yakin, Anda pasti
memahaminya!
7. Lebih dekat lebih
baik
Mendekatkan diri dengan
calon konsumen, ini adalah hal yang sangat baik. Anda bisa menyapa mereka, tapi
jangan berlebihan. Karena tak sedikit orang yang merasa risih ketika mereka
harus mendapatkan sapaan atau email dari orang yang tidak mereka kenal.
Berbicara sangat sopan dan memikat hari mereka sebelum mengirim email
marketing, ini adalah cara yang jauh lebih baik dibandingkan Anda harus
mengirimkan email tanpa permisi.
