Saat liburan tiba,
bagaimana cara meningkatkan penjualan yang bisa Anda lakukan?
Tidak semua pengusaha tau bagaimana mereka meningkatkan penjualan saat liburan.
Justru saat liburan mereka sering menutup toko, misalnya saja saat hari Minggu.
Padahal, hari libur adalah hari yang sangat baik untuk menjual produk ataupun
jasa. Karena sebagian besar konsumen Anda lebih menyukai berbelanja saat
liburan. Saat hari libur, inilah kesempatan yang sangat baik bagi konsumen
untuk berbelanja dan kesempatan yang baik pula bagi Ada untuk meningkatkan
penjualan.
gambar diambil dari http://www.shopintegrator.com
Bagaimana cara
meningkatkan penjualan pada hari-hari libur dimana sebagain besar
karyawan Anda menginginkan cuti atau liburan? Anda bisa lebih mudah menjual
produk saat liburan dengan beberapa cara dibawah ini.
1. Optimasi toko online
Toko online menjadi
media yang sangat baik bagi penjual dan pembeli untuk bertransaksi. Apalagi
saat ini masyarakat cenderung menyukai sesuatu yang sangat cepat dan mudah
dilakukan dimana saja. Berbelanja online jauh lebih mudah dengan memanfaatkan
toko online. Karena itu, jika Anda ingin meningkatkan penjualan produk maka
Anda WAJIB memiliki website atau toko online. Optimasi toko online bisa
membantu Anda lebih cepat bertransaksi dengan konsumen.
Konsumen sangat senang
ketika mengunjungi toko online yang memiliki tampilan professional dan tidak
lambat. Ketika konsumen akan berbelanja di toko online yang memiliki kecepatan
rendah, maka mereka akan segera pergi dan mencari toko online lain. Konsumen
membutuhkan kecepatan dan kemudahan dalam berbelanja, sehingga Anda harus mengoptimasi
website menjadi lebih nyaman, lebih fast loading dan lebih SEO. Selain itu,
pastik juga bahwa toko online Anda sangat mobile friendly. Dengan memilih cara
meningkatkan penjualan ini maka konsumen bisa berbelanja lewat berbagai
perangkat terutama smartphone.
2. Atur jadwal
pengiriman barang
Sata liburan, banyak
perusahaan pengiriman yang menetapkan tanggal berakhirnya pengiriman produk.
Hal ini harus diketahui oleh pemilik toko online agar barang yang di pesan oleh
konsumen bisa sampai sebelum liburan. Konsumen tidak akan mau barang yang
mereka pesan datang setelah liburan, jadi pastikan Anda benar-benar memahami
hal ini. Anda bisa mengecek tanggal berakhirnya pengiriman barang oleh
perusahaan ekspedisi sebelum liburan.
Anda juga harus
mengumumkan kapan waktu terakhir Anda menerima order barang dari konsumen.
Jelaskan bahwa perusahaan ekspedisi memberikan batas waktu pengiriman pada
tanggal sekian sehingga konsumen jauh hari bisa memsan produk sebelum liburan
tiba. Dengan mengatur jadwal pengiriman barang sebelum liburan, hal ini bisa
mencegah kesalahpahaman Anda dan konsumen.
3. Promosi
Melakukan promosi untuk
mendatangkan lebih banyak konsumen, hal ini memang sangat menguntungkan Anda.
Apalagi saat akan libur, konsumen pasti mencari produk yang mengadung unsur
diskon. Anda bisa membuat beberapa promosi yang menarik saat liburan untuk meningkatkan
penjualan. Tapi, Anda harus memikirkan keuntungan juga, karena
memberikan diskon atau promo lainnya bisa mengurangi keuntungan Anda.
4. Memanfaatkan media
periklanan
Ada cukup banyak media
periklanan yang bisa Anda manfaatkan untuk promosi produk sebelum liburan.
Berpromosi sebelum liburan dan memberikan diskon pada produk-produk Anda, hal
ini bisa meningkatkan lebih banyak pembeli. Anda bisa beriklan di media online
maupun offline. Jika Anda juga menggunakan toko online, maka Anda bisa memilih
periklanan online seperti Google ads, Facebook ads atau beriklan pada situs
besar. Periklanan online adalah cara meningkatkan penjualan dalam
waktu cepat.
- 5 Cara Ampuh Mempromosikan Produk Baru
Mempromosikan
produk baru, hal ini memang membutuhkan strategi
khusus dimana Anda harus menarik lebih banyak calon pembeli. Tidak mudah untuk
promosi produk baru, apalagi produk Anda belum dikenal masyarakat luas. Jika
Anda ingin mendapatkan sambutan merian dan memperkenalkan produk yang sangat
berkesan maka Anda harus melakukan demo yang sangat menarik.
gambar diambil dari
Demo adalah salah satu cara
promosi produk baru yang populer dan penting bagi kelangsungan usaha.
Demo bukan hanya sekedar memperkenalkan produk, namun juga memberikan
konsultasi kepada calon konsumen. Agar produk Anda berkesan dan menarik banyak
konsumen, maka lakukan beberapa cara dibawah ini.
1. Kualitas produk
Kualitas produk adalah
hal yang sangat penting sebelum Anda mempromosikannya pada orang lain. Jika
produk Anda kurang berkualitas, sebaiknya Anda memperbaiki terlebih dulu. Anda
harus memiliki produk yang unik dan membuat banyak orang penasaran.
2. Penguasaan materi
Jika Anda merencanakan
demo produk di mall atau di tempat yang telah Anda siapkan, maka Anda harus
menguasai materi dengan baik. Setidaknya Anda harus bisa menjelaskan produk
yang Anda perkenalkan, apa keunggulan produk tersebut dan apa yang akan
didapatkan konsumen jika menggunakan produk Anda.
3. Cari tempat yang
tepat
Memperkenalkan produk
harus tau tempat, hal ini sangat penting agar Anda bisa mendapatkan lebih
banyak orang. Tempat yang cocok untuk promosi produk baru
diantaranya adalah mall, swalayan, pasar atau tempat keramaian lainnya. Dengan
memiliki tempat yang banyak dikunjungi orang, maka peluang memperkenalkan
produk pada banyak orang semakin besar.
4. Siapa target Anda?
Memperkenalkan produk
harus tau siapa target utama Anda, jangan sampai Anda salah sasaran. Jika
produk yang Anda tawarkan adalah kosmetik, maka sasaran Anda adalah wanita usia
remaja dan dewasa. Jika produk Anda adalah produk anak-anak, maka target utama
Anda adalah ibu-ibu yang memiliki anak usia tertentu sesuai dengan produk yang
Anda tawarkan.
5. Mulai dengan percakapan
Cara promosi
produk baru adalah dengan melakukan percakapan
terlebih dulu pada audience. Jangan sampai Anda langsung menodong mereka untuk
membeli produk Anda. Anda bisa berbincang dengan calon pembeli mengenai bisnis
mereka, ketertarikan dan apa yang mereka butuhkan. Setelah perbincangan menjadi
hangat, maka Anda bisa mempromosikan produk Anda. Dengan melakukan percakapan
terlebih dulu, hal ini bisa membantu Anda lebih mudah berpromosi dan mereka
tidak merasa terpaksa untuk membeli produk Anda.
6. Dengarkan mereka
Prospek Anda
membutuhkan seseorang yang mau mendengarkan apa yang mereka inginkan, apa
masalah mereka dan apa yang mereka butuhkan. Jika Anda ingin sukses mempromosikan
produk baru tanpa penolakan, maka dengarkan mereka terlebih dulu. Sebelum
mereka mendengarkan Anda, pastikan Anda adalah pendengar setiap mereka. Setelah
Anda mendengarkan mereka, tanyakan apakah mereka membutuhkan bantuan Anda? Mereka pasti akan
mendengarkan Anda karena Anda telah mendengarkan mereka dengan senang hati.
Lalu, masukkan produk Anda pada segmen penutupan dan mereka akan menyukainya.
Menjual produk baru bukan hal mudah, tapi akan lebih mudah jika Anda menjadi
pendengar dan solusi masalah mereka.
7. Kunjungi mereka
Jika prospek Anda tidak
membeli produk yang Anda tawarkan saat Anda promosi produk baru, maka ambil
kesempatan lain. Anda bisa melakukan kunjungan pada prospek hingga mereka siap
membeli produk Anda. Anda bisa meminta nomor ponsel mereka untuk lebih dekat
dan lebih mudah promosi berikutnya. Mengunjungi prospek kembali adalah cara
mempromosikan produk baru yang lebih sopan dibandingkan Anda
mengharuskan mereka membeli saat demo produk.
