argia

Cara Meningkatkan Penjualan Saat Liburan

Saat liburan tiba, bagaimana cara meningkatkan penjualan yang bisa Anda lakukan? Tidak semua pengusaha tau bagaimana mereka meningkatkan penjualan saat liburan. Justru saat liburan mereka sering menutup toko, misalnya saja saat hari Minggu. Padahal, hari libur adalah hari yang sangat baik untuk menjual produk ataupun jasa. Karena sebagian besar konsumen Anda lebih menyukai berbelanja saat liburan. Saat hari libur, inilah kesempatan yang sangat baik bagi konsumen untuk berbelanja dan kesempatan yang baik pula bagi Ada untuk meningkatkan penjualan.
    Cara Meningkatkan Penjualan Saat Liburan Tiba
gambar diambil dari http://www.shopintegrator.com

Bagaimana cara meningkatkan penjualan pada hari-hari libur dimana sebagain besar karyawan Anda menginginkan cuti atau liburan? Anda bisa lebih mudah menjual produk saat liburan dengan beberapa cara dibawah ini.

1. Optimasi toko online
Toko online menjadi media yang sangat baik bagi penjual dan pembeli untuk bertransaksi. Apalagi saat ini masyarakat cenderung menyukai sesuatu yang sangat cepat dan mudah dilakukan dimana saja. Berbelanja online jauh lebih mudah dengan memanfaatkan toko online. Karena itu, jika Anda ingin meningkatkan penjualan produk maka Anda WAJIB memiliki website atau toko online. Optimasi toko online bisa membantu Anda lebih cepat bertransaksi dengan konsumen.

Konsumen sangat senang ketika mengunjungi toko online yang memiliki tampilan professional dan tidak lambat. Ketika konsumen akan berbelanja di toko online yang memiliki kecepatan rendah, maka mereka akan segera pergi dan mencari toko online lain. Konsumen membutuhkan kecepatan dan kemudahan dalam berbelanja, sehingga Anda harus mengoptimasi website menjadi lebih nyaman, lebih fast loading dan lebih SEO. Selain itu, pastik  juga bahwa toko online Anda sangat mobile friendly. Dengan memilih cara meningkatkan penjualan ini maka konsumen bisa berbelanja lewat berbagai perangkat terutama smartphone. 

2. Atur jadwal pengiriman barang
Sata liburan, banyak perusahaan pengiriman yang menetapkan tanggal berakhirnya pengiriman produk. Hal ini harus diketahui oleh pemilik toko online agar barang yang di pesan oleh konsumen bisa sampai sebelum liburan. Konsumen tidak akan mau barang yang mereka pesan datang setelah liburan, jadi pastikan Anda benar-benar memahami hal ini. Anda bisa mengecek tanggal berakhirnya pengiriman barang oleh perusahaan ekspedisi sebelum liburan. 

Anda juga harus mengumumkan kapan waktu terakhir Anda menerima order barang dari konsumen. Jelaskan bahwa perusahaan ekspedisi memberikan batas waktu pengiriman pada tanggal sekian sehingga konsumen jauh hari bisa memsan produk sebelum liburan tiba. Dengan mengatur jadwal pengiriman barang sebelum liburan, hal ini bisa mencegah kesalahpahaman Anda dan konsumen.

3. Promosi
Melakukan promosi untuk mendatangkan lebih banyak konsumen, hal ini memang sangat menguntungkan Anda. Apalagi saat akan libur, konsumen pasti mencari produk yang mengadung unsur diskon. Anda bisa membuat beberapa promosi yang menarik saat liburan untuk meningkatkan penjualan. Tapi, Anda harus memikirkan keuntungan juga, karena memberikan diskon atau promo lainnya bisa mengurangi keuntungan Anda. 

4. Memanfaatkan media periklanan
Ada cukup banyak media periklanan yang bisa Anda manfaatkan untuk promosi produk sebelum liburan. Berpromosi sebelum liburan dan memberikan diskon pada produk-produk Anda, hal ini bisa meningkatkan lebih banyak pembeli. Anda bisa beriklan di media online maupun offline. Jika Anda juga menggunakan toko online, maka Anda bisa memilih periklanan online seperti Google ads, Facebook ads atau beriklan pada situs besar. Periklanan online adalah cara meningkatkan penjualan dalam waktu cepat.

  1.                  5 Cara Ampuh Mempromosikan Produk Baru
Mempromosikan produk baru, hal ini memang membutuhkan strategi khusus dimana Anda harus menarik lebih banyak calon pembeli. Tidak mudah untuk promosi produk baru, apalagi produk Anda belum dikenal masyarakat luas. Jika Anda ingin mendapatkan sambutan merian dan memperkenalkan produk yang sangat berkesan maka Anda harus melakukan demo yang sangat menarik. 

gambar diambil dari

Demo adalah salah satu cara promosi produk baru yang populer dan penting bagi kelangsungan usaha. Demo bukan hanya sekedar memperkenalkan produk, namun juga memberikan konsultasi kepada calon konsumen. Agar produk Anda berkesan dan menarik banyak konsumen, maka lakukan beberapa cara dibawah ini.

1. Kualitas produk
Kualitas produk adalah hal yang sangat penting sebelum Anda mempromosikannya pada orang lain. Jika produk Anda kurang berkualitas, sebaiknya Anda memperbaiki terlebih dulu. Anda harus memiliki produk yang unik dan membuat banyak orang penasaran. 

2. Penguasaan materi
Jika Anda merencanakan demo produk di mall atau di tempat yang telah Anda siapkan, maka Anda harus menguasai materi dengan baik. Setidaknya Anda harus bisa menjelaskan produk yang Anda perkenalkan, apa keunggulan produk tersebut dan apa yang akan didapatkan konsumen jika menggunakan produk Anda. 

3. Cari tempat yang tepat
Memperkenalkan produk harus tau tempat, hal ini sangat penting agar Anda bisa mendapatkan lebih banyak orang. Tempat yang cocok untuk promosi produk baru diantaranya adalah mall, swalayan, pasar atau tempat keramaian lainnya. Dengan memiliki tempat yang banyak dikunjungi orang, maka peluang memperkenalkan produk pada banyak orang semakin besar.

4. Siapa target Anda?
Memperkenalkan produk harus tau siapa target utama Anda, jangan sampai Anda salah sasaran. Jika produk yang Anda tawarkan adalah kosmetik, maka sasaran Anda adalah wanita usia remaja dan dewasa. Jika produk Anda adalah produk anak-anak, maka target utama Anda adalah ibu-ibu yang memiliki anak usia tertentu sesuai dengan produk yang Anda tawarkan.

5. Mulai dengan percakapan
Cara promosi produk baru adalah dengan melakukan percakapan terlebih dulu pada audience. Jangan sampai Anda langsung menodong mereka untuk membeli produk Anda. Anda bisa berbincang dengan calon pembeli mengenai bisnis mereka, ketertarikan dan apa yang mereka butuhkan. Setelah perbincangan menjadi hangat, maka Anda bisa mempromosikan produk Anda. Dengan melakukan percakapan terlebih dulu, hal ini bisa membantu Anda lebih mudah berpromosi dan mereka tidak merasa terpaksa untuk membeli produk Anda.

6. Dengarkan mereka
Prospek Anda membutuhkan seseorang yang mau mendengarkan apa yang mereka inginkan, apa masalah mereka dan apa yang mereka butuhkan. Jika Anda ingin sukses mempromosikan produk baru tanpa penolakan, maka dengarkan mereka terlebih dulu. Sebelum mereka mendengarkan Anda, pastikan Anda adalah pendengar setiap mereka. Setelah Anda mendengarkan mereka, tanyakan apakah mereka membutuhkan bantuan Anda? Mereka pasti akan mendengarkan Anda karena Anda telah mendengarkan mereka dengan senang hati. Lalu, masukkan produk Anda pada segmen penutupan dan mereka akan menyukainya. Menjual produk baru bukan hal mudah, tapi akan lebih mudah jika Anda menjadi pendengar dan solusi masalah mereka.
 
7. Kunjungi mereka
Jika prospek Anda tidak membeli produk yang Anda tawarkan saat Anda promosi produk baru, maka ambil kesempatan lain. Anda bisa melakukan kunjungan pada prospek hingga mereka siap membeli produk Anda. Anda bisa meminta nomor ponsel mereka untuk lebih dekat dan lebih mudah promosi berikutnya. Mengunjungi prospek kembali adalah cara mempromosikan produk baru yang lebih sopan dibandingkan Anda mengharuskan mereka membeli saat demo produk.