Apakah Anda mengenal
salah satu cara bisnis online yaitu mix marketing? Dalam bisnis,
marketing adalah alat yang sangat ampuh untuk mendapatkan pelanggan, apalagi
jika Anda menginginkan bisnis berjalan lebih cepat. Selama saya mempelajari
ilmu manajemen, saya sangat menyukai ilmu satu ini, mix marketing. Jika selama
ini Anda behasil menjual banyak produk di internet, bahkan Anda bisa
menghasilkan puluhan juta rupiah dengan mudah, apakah Anda adalah seorang
marketer hebat? Ya, apa yang dilakukan oleh banyak pelaku bisnis dengan menjual
produk memang bisa dikatakan seorang marketing online yang hebat.
Marketing adalah salah
satu cara bisnis online yang lumrah di dunia. Namun, bagaimana
jika konsumen yang telah membeli produk yang Anda jual tersebut ternyata tidak
puas. Mereka baru menyadari ketika sudah membeli produk Anda, setelah itu
mereka tidak akan pernah mau membelinya kembali. Marketing itu ada
bermacam-macam, ada yang hanya menjual produk saja atau promosi. Padahal,
banyak sekali kegiatan marketing yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan
keuntungan sekaligus menguntungkan konsumen yan membeli produk Anda.
Pahami
Dulu Apa Itu Marketing
Sebelum
Membahas Mix Marketing
Berdasarkan beberapa
sumber yang saya pelajari, marketing atau pemasaran adalah suatu usaha serah
terima produk atau jasa dari penjual kepada pembeli atau konsumen sehingga
didapatkan kepuasan konsumen tersebut. Bagi perusahaan dengan adanya marketing
ini diharapkan bisa menambah nilai perusahaan. Marketing dianggap sebagai cara
bisnis online maupun offline yang bisa meningkatkan penghasilan
perusahaan dan nama perusahaan dimata konsumen. Marketing sendiri sebenarnya
memiliki beberapa variabel diantaranya produk atau jasa yang dijual, penyerahan
produk atau jasa, kepuasan konsumen atau pelanggan dan nilai perusahaan.
gambar diambil dari http://supportz.com
Nilai perusahaan dalam
marketing ini bisa berupa materi maupun non materi, jika materi maka perusahaan
mendapatkan uang. Sedangkan non materi adalah keuntungan perusahaan berupa
sanjungan, kepercayaan dan image perusahaan dimata konsumen. Jadi, apakah
selama ini Anda adalah ahli marketing yang menguasai beberapa variabel
marketing tersebut? Kebanyakan marketing online memang hanya menjual produk atau
jasa, tanpa memikirkan variabel marketing lainnya. Kecuali mereka yang
benar-benar ingin menciptakan sesuatu yang sangat memukau untuk bisnisnya.
Agar Anda bisa menjadi
seorang marketing yang wow, maka Anda harus bisa memadukan beberapa variabel
tersebut hingga bisa mencapai tujuan dari marketing. Memadukan beberapa
variabel marketing sangat penting karena konsumen akan terus memakai produk
Anda ketika Anda respect terhadap keluhan mereka. Tapi, sangat disayangkan saat
ini banyak cara bisnis online yang hanya fokus dengan menjual
produk atau jasa saja. Mereka tidak memikirkan apakah konsumen puas dengan
produk atau jasa tersebut atau tidak.
Faktor-Faktor
Penting Dalam Mix Marketing
Ada cukup banyak
masalah yang akan Anda hadapi dalam marketing, karena itu Anda harus memiliki
strategi khusus untuk menjalankan marketing yang tepat. Dalam mix marketing,
Anda harus mempelajari 4P diantaranya Product, Price, Place dan Promotion.
Semua faktor tersebut saling berpengaruh dan tidak bisa berjalan
sendiri-sendiri. Jadi, mempelajari mix marketing adalah suatu hal yang
menyeluruh dimana kita harus mempelajari proses produksi hingga mempelajari dan
memiliki strategi pemasaran yang hebat. Anda bisa mempelajari beberapa
penjelasan tentang 4P dibawah ini.
1. Product
Membuat produk tidak
hanya asal-asalan, tapi membutuhkan strategi yang tepat. Beberapa hal penting
dalam strategi produk diantaranya tentang product mix atau bauran produk,
brand, kemasan dan mutu produk tersebut. Beberapa strategi tersebut harus Anda
miliki agar produk yang Anda jual bisa memberikan kepuasan pada konsumen dan
memberikan value pada perusahaan.
2. Price
Bagaimana Anda
menciptakan suatu strategi harga yang bisa bersaing dengan pesaing lainnya.
Strategi harga adalah salah satu cara bisnis online yang harus
Anda kuasai agar produk atau jasa yang Anda pasarkan mendapat perhatian calon
konsumen sehingga mereka mau membelinya. Harga adalah faktor penting dimana
dalam proses cash in flow, jadi saat menentukan harga Anda harus benar-benar
jeli. Setidaknya, Anda harus memahami beberapa hal yang berpengaruh pada harga
seperti tigkat persaingan, tingkat kebutuhan konsumen, keuntungan yang Anda
inginkan, kualitas, brand, hubungan Anda dan konsumen serta banyak hal lain
yang bisa berpengaruh terhadap harga.
3. Place
Place atau tempat,
adalah salah satu bagian dari mix marketing dimana Anda harus menentukan
saluran distribusi yang tepat baik secara langsung maupun tidak langsung.
Saluran distribusi langsing adalah distribusi barang dari produsen langsung ke
konsumen. Sedangkan saluran distribusi tidak langsung bisa dari produsen ke
pengecer atau grosir, kemudian baru disampaikan kepada konsumen.
4. Promotion
Promosi adalah bagian
dari cara bisnis online yang sangat penting untuk mendapatkan
pembeli atau konsumen. Promosi ini bisa dilakukan dengan cara beriklan,
mengadakan pameran, personal selling atau dengan melakukan kegiatan sosial.
Internet
dan Mix Marketing
Nah, bagaimana jika
Anda menerapkan mix marketing ini pada dunia maya? Ada beberapa perbedaan
antara mix marketing dan internet marketing strategy, sekalipun keduanya memang
sama-sama untuk menjual produk. Para internet marketer banyak yang menjual
produk atau jasa mereka dengan menggunakan Ken Evoy Strategy. Dengan
menggunakan strategi tersebut maka para internet marketer memberikan apa yang
dibutuhkan oleh konsumen yang mencari produk di internet. Anda bisa menyajikan
berbagai informasi tentang produk atau jasa yang akan dijual. Selanjutnya calon
konsumen melihat informasi Anda dan mereka bisa melakukan transaksi dengan Anda
jika dirasa produk Anda sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.
Saat ini, cara
bisnis online yang banyak digunakan adalah dengan menggunakan blog,
website atau toko online. Beberapa media tersebut sangat ampuh untuk menjual
produk atau jasa dan memberikan informasi kepada calon konsumen. Jadi, dengan
Anda menjalankan beberapa variabel dalam mix marketing, maka Anda bisa
mendistribusikan produk untuk memperoleh keuntungan dan nilai lebih perusahaan
dari konsumen.
