argia

5 Cara Ampuh Mempromosikan Produk Baru

Mempromosikan produk baru, hal ini memang membutuhkan strategi khusus dimana Anda harus menarik lebih banyak calon pembeli. Tidak mudah untuk promosi produk baru, apalagi produk Anda belum dikenal masyarakat luas. Jika Anda ingin mendapatkan sambutan merian dan memperkenalkan produk yang sangat berkesan maka Anda harus melakukan demo yang sangat menarik. 
5 Cara Ampuh Mempromosikan Produk Baru
gambar diambil dari http://www.emarketing360.co.uk

Demo adalah salah satu cara promosi produk baru yang populer dan penting bagi kelangsungan usaha. Demo bukan hanya sekedar memperkenalkan produk, namun juga memberikan konsultasi kepada calon konsumen. Agar produk Anda berkesan dan menarik banyak konsumen, maka lakukan beberapa cara dibawah ini.

1. Kualitas produk
Kualitas produk adalah hal yang sangat penting sebelum Anda mempromosikannya pada orang lain. Jika produk Anda kurang berkualitas, sebaiknya Anda memperbaiki terlebih dulu. Anda harus memiliki produk yang unik dan membuat banyak orang penasaran. 

2. Penguasaan materi
Jika Anda merencanakan demo produk di mall atau di tempat yang telah Anda siapkan, maka Anda harus menguasai materi dengan baik. Setidaknya Anda harus bisa menjelaskan produk yang Anda perkenalkan, apa keunggulan produk tersebut dan apa yang akan didapatkan konsumen jika menggunakan produk Anda. 

3. Cari tempat yang tepat
Memperkenalkan produk harus tau tempat, hal ini sangat penting agar Anda bisa mendapatkan lebih banyak orang. Tempat yang cocok untuk promosi produk baru diantaranya adalah mall, swalayan, pasar atau tempat keramaian lainnya. Dengan memiliki tempat yang banyak dikunjungi orang, maka peluang memperkenalkan produk pada banyak orang semakin besar.

4. Siapa target Anda?
Memperkenalkan produk harus tau siapa target utama Anda, jangan sampai Anda salah sasaran. Jika produk yang Anda tawarkan adalah kosmetik, maka sasaran Anda adalah wanita usia remaja dan dewasa. Jika produk Anda adalah produk anak-anak, maka target utama Anda adalah ibu-ibu yang memiliki anak usia tertentu sesuai dengan produk yang Anda tawarkan.

5. Mulai dengan percakapan
Cara promosi produk baru adalah dengan melakukan percakapan terlebih dulu pada audience. Jangan sampai Anda langsung menodong mereka untuk membeli produk Anda. Anda bisa berbincang dengan calon pembeli mengenai bisnis mereka, ketertarikan dan apa yang mereka butuhkan. Setelah perbincangan menjadi hangat, maka Anda bisa mempromosikan produk Anda. Dengan melakukan percakapan terlebih dulu, hal ini bisa membantu Anda lebih mudah berpromosi dan mereka tidak merasa terpaksa untuk membeli produk Anda.

6. Dengarkan mereka
Prospek Anda membutuhkan seseorang yang mau mendengarkan apa yang mereka inginkan, apa masalah mereka dan apa yang mereka butuhkan. Jika Anda ingin sukses mempromosikan produk baru tanpa penolakan, maka dengarkan mereka terlebih dulu. Sebelum mereka mendengarkan Anda, pastikan Anda adalah pendengar setiap mereka. Setelah Anda mendengarkan mereka, tanyakan apakah mereka membutuhkan bantuan Anda? Mereka pasti akan mendengarkan Anda karena Anda telah mendengarkan mereka dengan senang hati. Lalu, masukkan produk Anda pada segmen penutupan dan mereka akan menyukainya. Menjual produk baru bukan hal mudah, tapi akan lebih mudah jika Anda menjadi pendengar dan solusi masalah mereka.
 
7. Kunjungi mereka
Jika prospek Anda tidak membeli produk yang Anda tawarkan saat Anda promosi produk baru, maka ambil kesempatan lain. Anda bisa melakukan kunjungan pada prospek hingga mereka siap membeli produk Anda. Anda bisa meminta nomor ponsel mereka untuk lebih dekat dan lebih mudah promosi berikutnya. Mengunjungi prospek kembali adalah cara mempromosikan produk baru yang lebih sopan dibandingkan Anda mengharuskan mereka membeli saat demo produk.