Mempromosikan
produk baru, hal ini memang membutuhkan strategi
khusus dimana Anda harus menarik lebih banyak calon pembeli. Tidak mudah untuk
promosi produk baru, apalagi produk Anda belum dikenal masyarakat luas. Jika
Anda ingin mendapatkan sambutan merian dan memperkenalkan produk yang sangat
berkesan maka Anda harus melakukan demo yang sangat menarik.
gambar diambil dari http://www.emarketing360.co.uk
Demo adalah salah satu cara
promosi produk baru yang populer dan penting bagi kelangsungan usaha.
Demo bukan hanya sekedar memperkenalkan produk, namun juga memberikan
konsultasi kepada calon konsumen. Agar produk Anda berkesan dan menarik banyak
konsumen, maka lakukan beberapa cara dibawah ini.
1. Kualitas produk
Kualitas produk adalah
hal yang sangat penting sebelum Anda mempromosikannya pada orang lain. Jika
produk Anda kurang berkualitas, sebaiknya Anda memperbaiki terlebih dulu. Anda
harus memiliki produk yang unik dan membuat banyak orang penasaran.
2. Penguasaan materi
Jika Anda merencanakan
demo produk di mall atau di tempat yang telah Anda siapkan, maka Anda harus
menguasai materi dengan baik. Setidaknya Anda harus bisa menjelaskan produk
yang Anda perkenalkan, apa keunggulan produk tersebut dan apa yang akan
didapatkan konsumen jika menggunakan produk Anda.
3. Cari tempat yang
tepat
Memperkenalkan produk
harus tau tempat, hal ini sangat penting agar Anda bisa mendapatkan lebih
banyak orang. Tempat yang cocok untuk promosi produk baru
diantaranya adalah mall, swalayan, pasar atau tempat keramaian lainnya. Dengan
memiliki tempat yang banyak dikunjungi orang, maka peluang memperkenalkan
produk pada banyak orang semakin besar.
4. Siapa target Anda?
Memperkenalkan produk
harus tau siapa target utama Anda, jangan sampai Anda salah sasaran. Jika
produk yang Anda tawarkan adalah kosmetik, maka sasaran Anda adalah wanita usia
remaja dan dewasa. Jika produk Anda adalah produk anak-anak, maka target utama
Anda adalah ibu-ibu yang memiliki anak usia tertentu sesuai dengan produk yang
Anda tawarkan.
5. Mulai dengan percakapan
Cara promosi
produk baru adalah dengan melakukan percakapan
terlebih dulu pada audience. Jangan sampai Anda langsung menodong mereka untuk
membeli produk Anda. Anda bisa berbincang dengan calon pembeli mengenai bisnis
mereka, ketertarikan dan apa yang mereka butuhkan. Setelah perbincangan menjadi
hangat, maka Anda bisa mempromosikan produk Anda. Dengan melakukan percakapan
terlebih dulu, hal ini bisa membantu Anda lebih mudah berpromosi dan mereka
tidak merasa terpaksa untuk membeli produk Anda.
6. Dengarkan mereka
Prospek Anda
membutuhkan seseorang yang mau mendengarkan apa yang mereka inginkan, apa
masalah mereka dan apa yang mereka butuhkan. Jika Anda ingin sukses mempromosikan
produk baru tanpa penolakan, maka dengarkan mereka terlebih dulu. Sebelum
mereka mendengarkan Anda, pastikan Anda adalah pendengar setiap mereka. Setelah
Anda mendengarkan mereka, tanyakan apakah mereka membutuhkan bantuan Anda? Mereka pasti akan
mendengarkan Anda karena Anda telah mendengarkan mereka dengan senang hati.
Lalu, masukkan produk Anda pada segmen penutupan dan mereka akan menyukainya.
Menjual produk baru bukan hal mudah, tapi akan lebih mudah jika Anda menjadi
pendengar dan solusi masalah mereka.
7. Kunjungi mereka
Jika prospek Anda tidak
membeli produk yang Anda tawarkan saat Anda promosi produk baru, maka ambil
kesempatan lain. Anda bisa melakukan kunjungan pada prospek hingga mereka siap
membeli produk Anda. Anda bisa meminta nomor ponsel mereka untuk lebih dekat
dan lebih mudah promosi berikutnya. Mengunjungi prospek kembali adalah cara
mempromosikan produk baru yang lebih sopan dibandingkan Anda
mengharuskan mereka membeli saat demo produk.
