Sosial media
merupakan salah satu media periklanan online yang saat ini sedang hits. Banyak
pelaku bisnis yang memilih sosial media sebagai salah satu media promosi untuk
meningkatkan penjualan produk dan jasanya. Sosial media menjadi salah satu
bagian yang sangat penting daalam bisnis. Untuk memasarkan produk atau jasa
melalui sosial media, maka Anda harus menyediakan informasi yang lengkap. Jika
Anda menggunakan informasi yang tepat, maka konsumen bisa lebih mudah
menghubungi dan membeli produk Anda.
gambar diambil dari http://www.findingyourniche.me
Jika Anda merasa
penjualan produk atau bisnis Anda jalan di tempat, maka memilih sosial media
sebagai salah satu promosi online adalah pilihan yang tepat. Ada jutaan orang
yang menggunakan sosial media seperti Facebook, Twiter, Instagram, Pinterest
dan lainnya. Jika Anda bisa memasarkan produk pada beberapa sosial media
tersebut, maka Anda bisa dengan mudah mendapatkan pembeli. Untuk memasarkan
produk, maka Anda harus membangun sosial media yang Anda miliki dengan tepat.
Berikut beberapa kunci
sukses dalam memasarkan produk di sosial media.
1. Pahami cara kerja
sosial media
Apakah Anda tau
bagaimana sosial media membantu Anda menjual produk? Apakah dengan memajang
gambar produk dalam beberapa saat Anda bisa langsung mendapatkan konsumen? Jika
Anda belum memahaminya, maka pahami dulu bagaimana sosial media membantu Anda.
Secara umum, sosial media membantu Anda untuk mendapatkan sejumlah traffic pada
situs atau toko online yang Anda miliki. Semakin banyak pengunjung situs Anda
maka semakin besar peluang produk Anda terjual.
2. Cari pertemanan dan
pengikut sebanyak mungkin
Memiliki teman dan
pengikut sebanyak mungkin, ini adalah hal yang sangat penting bagi Anda untuk
berpromosi di sosial media. Sebelum Anda mulai memasarkan produk, maka carilah
pertemanan dan pengikut sebanyak mungkin. Semakin banyak pengikut dan teman
Anda pada sosial media, maka semakin besar peluang Anda mendapatkan pembeli.
Semakin besar pula peluang Anda untuk mendapatkan income yang lebih besar.
3. Buat status yang
menarik
Membuat status di
sosial media untuk mempromosikan produk, maka Anda harus membuatnya semenarik
mungkin. Jangan berlebihan dalam membaut status di sosial media, ada baiknya
Anda menyelam sambil minum air. Saya maksudkan bahwa Anda tidak sekedar
berjualan saja, tapi Anda menyelipkan promosi Anda pada status yang Anda buat.
Sebagai contoh, Anda bisa membuat status yang merupakan problem dari beberapa
orang, setelah mereka memberikan komentar maka Anda bisa memberikan solusi pada
mereka dengan produk yang Anda jual.
4. Kreatif
Jangan hanya membuat
status berupa tulisan di sosial media, tapi berlajarlah menjad seorang
marketing yang kreatif. Anda bisa membuat video atau gambar untuk menjual
produk atau Anda bisa menambahkan hal-hal lain yang membuat orang tertarik
untuk menyimak status Anda.
5. Buat event tertentu
Untuk menarik lebih
banyak calon konsumen, maka Anda bisa membuat event tertentu misalnya saja
lomba like sosial media seperti Facebook, Twitter atau lainnya. Dengan
mengadakan event tertentu mengenai produk Anda, maka hal ini bisa mempercepat
promosi produk Anda.
