Konten marketing adalah
salah satu strategi bisnis yang bisa membantu Anda. Membuat
konten marketing adalah salah satu bagian dari promosi yang wajib Anda lakukan.
Memang, tidak semua pelaku bisnis memiliki kemampuan dalam hal ini, tapi Anda
bisa mencobanya sendiri. Konsumen tak hanya membutuhkan produk saja, tapi
mereka juga membutuhkan informasi yang jelas dan lengkap tentang produk
tersebut. Jika Anda membuat konten marketing yang amburadul, atau susah
dimengerti, maka saya memutuskan untuk tidak membeli produk Anda.
Kesalahan Anda adalah
membuat konten marketing yang tidak tepat, membuat konten
marketing yang susah dimengerti calon pembeli atau bahkan menimbulkan kesan
memaksa. Konsumen sangat ingin mengetahui dan belajar dari produk yang sangat
mereka sukai. Konsumen juga ingin melihat bagaimana produk tersebut, bagaimana
penjelasan dari produk tersebut dan apa manfaatnya bagi mereka.
gambar diambil dari http://www.weebly.com
Jika Anda ingin membuat
konten marketing yang tepat dan memukau, maka Anda bisa mempelajari beberapa
hal dibawah ini.
1. Membuat judul yang
menarik
Sekalipun isi dari
konten Anda sangat bagus, tapi dengan judul konten yan kurang menarik, maka hal
ini tidak akan membuat orang untuk membacanya. Anda harus membuat judul koten
yang sangat menarik, menimbulkan perhatian banyak orang dan mereka merasa
membutuhkan produk Anda.
2. Jelaskan lebih
detail
Anda membuat konten
marketing, bukan sales marketing, jadi hal ini sangatlah berbeda. Jika Ada membuat
konten marketing, maka Anda juga harus membicarakan tentang trend produk, tips,
bagaimana pendapat para ahli dan pendapat konsumen. Jika Anda hanya menampilkan
keunggulan produk saja, maka pembaca akan merasa bosan dengan apa yang Anda
tulis. Mereka berpikir bahwa Anda hanya mengunggulkan produk yang Anda jual.
3. Buat konten unik
Membuat konten yang
unik dan bukan konten plagiat, maka Anda akan mendapatkan point plus dari
search engine dan calon pembeli. Mulai sekarang, Anda harus membuat konten marketing yang tepat dengan membuat konten marketing original.
4. Buat konten yang
sederhana
Jangan membuat konten
yang terlalu pendek atau terlalu panjang, saya sangat menyukai konten yang
memiliki jumlah kata sekitar 500-700 kata saja. Saya juga membuat beberapa web
dengan konten yang rata-rata memiliki jumlah kata sekitar 500-700 kata. Dengan membuat
konten yang sederhana, maka pembaca lebih mudah memahami apa yang Anda
sampaikan tersebut. Jangan pula Anda mengejar target hingga 100 kata lebih
hanya untuk membuat banyak kata kunci pada konten. Ingat, Anda hanya membuat konten marketing, bukan membuat cerita dengan alur
yang sangat panjang.
5. Hindari menjatuhkan
lawan
Jangan membuat konten yang
menjatuhkan lawan, meskipun sebenarnya Anda ingin memenangkan persaigan dan
mendapatkan banyak konsumen. Jika Anda membuat konten yang menjatuhkan lawan, hal
ini justru memperburuk citra perusahaan Anda dihadapan pembaca. Anda dianggap
tidak professional oleh pembaca karena menjelek-jelekkan pihak lain. Jadilah
pebisnis yang professional dengan menjaga nama baik pebisnis lain sekalipun
Anda ingin menang.
6. Buah konten yang
memecahkan masalah
Pembaca sangat menyukai
konten yang bisa memecahkan masalah mereka. Anda bisa menanyakan apa
permasalahan konsumen dan jawablah permasalah tersebut dalam konten yang sangat
menarik. Libatkan calon konsumen atau konsumen Anda pada konten yang Anda buat
dan konten Anda menjadi sangat menarik untuk dibaca orang lain.
7. Jangan bodohi
pembaca
Anda tidak akan pernah
sukses jika konten marketing Anda adalah membodohi pembaca,
berbicaralah yang jujur. Anda bisa membuat konten yang apa adanya, tidak perlu
dibuat-buat atau ditambah-tambahkan tanpa adanya fakta. Kadang, banyak konten
marketing yang ingin meyakinkan calon pembeli dengan membuat beberapa testimoni
palsu. Ya, cara ini memang banyak dilakukan, tapi jika calon konsumen Anda
jeli, hal ini justru memperburuk image perusahaan Anda.
Konten marketing adalah
salah satu cara membangun bisnis untuk mendapatkan lebih banyak konsumen. Anda
bisa menerapkan strategi bisnis ini untuk menciptakan bisnis yang
lebih unggul dari pesaing Anda.
