Usaha kecil,
sama halnya dengan pemilik usaha besar karena Anda harus memasarkan produk atau
jasa seperti halnya pemilik usaha besar. Jika Anda tidak melakukan pemasaran,
mana mungkin produk atau jasa yang telah Anda buat bisa menghasilkan
keuntungan. Produk atau jasa berkualitas yang Anda buat, tidak selalu
memberikan hasil terbaik. Sekalipun produk Anda bagus, namun hal ini tidak
menjamin bahwa Anda bisa mendapatkan keuntungan yang besar tanpa promosi.
gambar diambil dari http://www.gaebler.com
Jika Anda ingin
mengembangkan usaha kecil, maka Anda harus pandai dalam menjual
produk atau jasa. Pengusaha kecil pun bisa lebih cepat menjual produknya
dibandingkan pengusaha besar. Bagaimana cara terbaik untuk menjual produk dalam
hitungan menit saja? Jika Anda ingin lebih mudah menjual produk, silahkan
menyimak beberapa tips dibawah ini.
1. Pelajari konsumen
Anda
Bagaiman sebuah usaha
menjadi semakin berkembang tanpa ada konsumen? Tidak ada usaha yang menjadi
maju dan menguntungkan tanpa konsumen. Karena itu, konsumen adalah raja dan
orang yang sangat penting bagi perkembangan bisnis Anda. Mempelajari tentang
konsumen Anda, ini adalah cara yang sangat baik untuk memasarkan produk. Anda
bisa bertanya tentang apa yang mereka sukai, apa yang mereka tidak sukai
terhadap produk atau jasa yang Anda tawarkan. Lalu, tanyakan juga apakah mereka
memiliki produk yang sangat mereka sukai? Jika Anda ingin membuat produk baru
yang lebih baik, maka lakukan survey untuk mempelajari apa yang mereka inginkan
dan butuhkan.
2. Mempelajari
testimoni konsumen
Mendapatkan testimoni
yang sangat baik dari konsumen, memuja produk atau jasa Anda, hal ini sangat
menyenangkan. Tapi, Anda tidak bisa mengabaikan beberapa testimoni yang kurang
atau bahkan sangat tidak menyenangkan. Justru, jika Anda ingin usaha
kecil yang Anda bangun tersebut berkembang, jangan abaikan testimoni
yang sangat buruk dari mereka. Dari testimoni yang kurang mengenakkan tersebut,
Anda bisa belajar dan memperbaiki apa yang mereka inginkan.
3. Gambar produk yang
menarik
Usaha kecil, apakah
juga membutuhkan branding? Ya, tentunya Anda akan lebih mudah jika Anda
melakukan branding yang konsisten. Calon konsumen dan konsumen akan lebih mudah
menemukan produk atau jasa Anda melalui situs sosial media, website atau di
tempat lainnya jika Anda melakukan branding yang terus-menerus. Untuk melakukan
branding, Anda bisa membuat gambar produk yang sangat menarik. Anda bisa
mendesain cover yang sangat menarik kemudian mengunggahnya pada website ataupun
sosial media.
4.Tingkatkan jumlah
follower
Memiliki follower yang
sangat banyak di beberapa sosial media, hal ini akan membantu meningkatkan usaha
kecil Anda. Anda bisa menambahkan banyak pengikut atau follower ada
situs sosial media seperti Facebook, Twitter, Google +, Pinterest dan beberapa
sosial media lainnya. Semakin banyak follower Anda, maka semakin mudah Anda
untuk memasarkan produk dan peluang mendapatkan konsumen lebih besar.
5. Optimasi website
Semua pelaku usaha
kecil harus memiliki website atau toko online agar bisa memudahkan
mereka untuk menjual produk atau jasa. Optimasi website untuk usaha kecil Anda,
bisa dilakukan sendiri ataupun menyerahkannya pada perusahaan SEO terbaik.
Optimasi ini bermanfaat untuk meningkatkan traffic atau kunjungan pada situs
Anda. Semakin banyak pengunjung pada situs Anda, semakin besar peluang Anda
untuk mendapatkan konsumen.
6. Periklanan
Banyak cara yang bisa
Anda pilih untuk mengiklankan produk atau jasa. Anda bisa memilih Google Ads,
Facebook ads, iklan mandiri atau iklan koran. Anda bisa mengiklankan produk
atau jasa pada situs yang memiliki pagerank tinggi atau memiliki traffic yang
sangat tinggi. Semakin tinggi traffic situs pemasang iklan maka semakin mudah
Anda mendapatkan pengunjung dan pembeli. Semakin efektf periklanan Anda maka
semakin berkembang usaha kecil yang Anda jalankan.
