argia

Ini Penyebab Fresh Graduate susah dapat kerja

Banyak yang mengeluh, cari kerja itu susah!! Kalau boleh jujur, memang iya J dan mbak admin sangat setuju dengan perkataan itu. Pasalnya, saya sudah sering mendapati curhat seperti itu! Intinya mereka selalu mengeluh mengapa susah cari kerja, padahal sudah banyak lamaran kerja yang mereka kirim? Mungkin Anda juga mengalaminya?? 

Ini Penyebab Fresh Graduate susah dapat kerja

gambar diambil dari http://dlowongankerja.com
 
Mencari kerja memang sulit, tapi bisa juga  dimudahkan. Berdasarkan pengalaman sendiri, saya juga pernah mengalami masalah seperti mereka, apalagi fresh graduate. Ada banyak penyebab fresh graduate susah dapat kerja dan itulah yang harus kita perhatikan. Dulu, saya sempat nganggur selama 1 tahun setelah lulus SMA. Maklum saja, zaman dulu informasi lowongan kerja tidak seperti saat ini. Saya hanya mengandalkan informasi dari mulut ke mulut jika ingin mendapatkan kerja. Sekarang, semua sudah maju, kita bisa mendapatkan informasi lowongan kerja di berbagai daerah dengan mudah hanya di depan komputer. Nah, apa susahnya coba, dibandingkan dengan saya dulu. 

Cari kerja harus pergi dari satu tempat ke tempat lain, belum lagi saya harus membawa lamaran kerja yang cukup banyak. Dengan status fresh graduate, hal ini memang membuat kita sering minder, apalagi jika pendidikan kita hanya sebatas SMA. Dan menyandang sebutan fresh graduate, ini adalah tantangan bagi kita semua, betul? Fresh graduate susah dapat kerja, memang benar! Tapi, pernyataan itu baru betul jika kita tidak pernah berusaha alias kita hanya menunggu informasi saja. Jika sampai sekarang banyak diantara pembaca blog ini yang masih saja ngganggur atau belum dapat kerja, maka Anda harus tau penyebabnya. 

Setidaknya, ada beberapa penyebab mengapa fresh graduate susah dapat kerja seperti dibawah ini.

1.     Kurang info
Kalau Anda kuper alias kurang pergaulan, hal ini bisa menghambat Anda dalam mencari pekerjaan. Saat ini sudah ada internet, jadi saya yakin pembaca blog ini semuanya sudah maju. Saat ini kita bisa mengakses berbagai lowongan kerja dengan internet. Ini artinya kita bisa dengan mudah mendapatkan informasi berbagai lowongan kerja yang kita inginkan. Kurang informasi pastinya membuat kita memiliki peluang kecil untuk mendapatkan pekerjaan. 

2.      Tidak punya pengalaman kerja
Yang sering menjadi pertimbangan perusahaan setelah pendidikan adalah pengalaman kerja. Semakin banyak pengalaman kerja yang Anda miliki maka Anda bisa lebih mudah cari kerja. Tidak punya pengalaman kerja sama sekali, ini menjadi penyebab fresh graduate susah dapat kerja. Tapi, tidak semua perusahaan mengharuskan pelamar punya pengalaman kerja.

3.      Suka pilih-pilih
Jika Anda adalah fresh graduate yang belum punya pengalaman kerja, sebaiknya jangan suka memilih-milih pekerjaan. Jika ada panggilan interview, langsung terima. Jangan terlalu muluk-muluk soal gaji dan posisi di perusahaan. Ingat, Anda belum berpengalaman, jika menunggu pekerjaan impian, bisa jadi Anda menjadi penggangguran sejati di rumah.

4.      Jangan minta gaji gede
Ini dia yang sering jadi masalah, fresh graduate yang minta gaji super gede, misalnya saja Anda minta gaji 10 juta perbulan, padahal Anda belum berpengalaman kerja, saya pastikan Anda akan lama dapat kerja . Yang umum saja jika Anda negosiasi masalah gaji, agar Anda lebih mudah mendapatkan pekerjaan.

5.      Kurang PD dan terlalu PD
Terlalu PD dan kurang PD bisa menjadi penghambat Anda susah dapat kerja. Ada baiknya yang sedang-sedang saja, jangan kebablasan PD apalagi saat Anda sedang interview. Terlalu PD bisa membuat HRD berpikir Anda orang yang aneh.

Nah, itulah beberapa hal yang membuat fresh graduate susah mendapatkan panggilan interview apalagi diterima kerja.